In

Inspirasi Pemberdayaan Perempuan Jember: Serunya Berbisnis Mudah Bersama Alfamart, Mayar Shopping dan TJI


Haloo, Assalammualaikum wr.wb !

Yeaay, finally I am back guys (!) after a long long long time no see. Hihi
Fiiuuhhh sampe banyak sarang laba – labanya nih akibat kelamaan ditinggal dan ga terurus dengan baik. Berdebu. Hiks. I’m really sorry to say, my blog L *sungkem dulu*
InsyaAllah next bakalan nyoba lebih istiqomah lagi ngerawatnya biar tumbuh dan berkembang dengan baik (waduuh dikira tanaman kali yak :D) doakan aku yaa teman - teman *nada melas

Okkai, kali ini izinkan daku membawa sedikit angin segar untuk memberikan warna dan kesejukan di blog aku yang masih sangat newbie ini. 

Well, berbicara tentang perempuan, biasanya identik dengan sosok makhluk mulia yang memiliki peranan penting sebagai istri dan ibu di masa depan, bukan? Di tangan seorang perempuan (ibu), semua urusan rumah tangga dan pendidikan anak diembankan. Belum lagi yang nyambi sekaligus menjadi seorang wanita karier. Beuuh, kebayang kan gimana riweuhnya. Tapi alhamdulillah, Allah menganugerahkan kemampuan 'serba bisa' pada seorang perempuan karena amanah mulia yang telah di skenariokan olehNya. Waah, betapa spesialnya kita sebagai perempuan ya, makanya kita dituntut pula untuk menjadi seorang yang cerdas dan aktif di masyarakat.

Zaman udah makin maju, perempuan atau ibu-ibu yang mengabdikan dirinya sebagai ibu rumah tangga pun sekarang gak kalah suksesnya dengan perempuan atau ibu-ibu wanita karier. Dengan berbekal niat dan aktif melalui sosmed bisa juga mengantarkan ke gerbang menjadi entrepreneur sukses namun tetap bisa fokus mendidik anak dan keluarga di rumah. 
Waah, mauu dong. Gimana caraanya ???  

Sebelum aku kasih tau rahasianya, simak dulu cerita ku yak. Hihi
Alhamdulillah banget, minggu lalu tepatnya hari Kamis di tanggal 09 Agustus 2018 aku berkesempatan buat ngeliput acara Pelatihan Pemberdayaan bersama Alfamart bekerjasama dengan The Jannah Institute bertempat di Faradisa Cafe n Resto (Kaliurang - Jember). Acara yang dikhususkan untuk perempuan, seorang ibu atau calon ibu boleh turut gabung di dalamnya. Lokasi cafenya berada di area dalam Wisata Tiara Park Jember. 

Gambar : Mas Nana W

Gambar : Mas Nana W

Gambar : Dok, Pribadi


Acara diawali dengan sambutan dari Bapak 
Yosi Andika sebagai Branch Manager Alfamart Jember. Suasana cafe penuh dengan semangat para peserta perempuan yang terdiri dari para ibu rumah tangga, mom-preneur, mahasiswi, perwakilan dari blogger Jember, juga perwakilan dari beberapa komunitas perempuan. Bahkan ada juga dari Koalisi Perempuan Indonesia yang di Jember. Waoww !


Alfamind : Jualan Gampang Pasti Untung !
Alfamart mempunyai program terbaru bernama Alfamind. Motto Alfamind sendiri cukup menarik dengan jargon andalannya "Jualan Gampang, Pasti Untung". Masih sedikit bingung apasih Alfamind itu? Jadi Alfamind merupakan Toko ritel virtual 3D pertama di Indonesia yang berbasiskan Aplikasi di Smartphone Android.

Adapun beberapa keuntungan yang didapatkan dari program Alfamind, yaitu:
1.    Modal minim
2.    Bebas ribet operasional
3.    Jualan pasti untung
4.    Didukung jaringan kuat di Alfamart.

Bener-bener inovasi berbisnis dalam bidang penjualan yang praktis, kekinian dan anti ribet, bukan?

Gambar : Dok, Pribadi

Gambar : Dok, Pribadi

Terus caranya gimanaa ???

Nah ini, bisa langsung download aplikasinya di smartphone masing-masing dan mendaftar menjadi owner store di Alfamind. Mudah banget kan buat yang ingin berbisnis tapi terkendala waktu dan mobilitas? Dengan duduk diam di rumah atau dimanapun tempatnya bisa langsung menawarkan barang jualan hanya dengan senam jari di aplikasi toko ritel modern milik Alfamart ini. Selanjutnya, untuk barang-barnag yang dijual di Toko Alfamind terdiri dari bahan-bahan pokok (baca:sembako dan kebutuhan rumah tangga), BPJS dan pulsa PLN, Peralatan Makan, Pakaian Pria dan Wanita, dan masih banyak lagi. Pokoknya di Alfamind semua barang bisa dijual.

FYI, sudah banyak UMKM lokal di Jember yang telah terdaftar di Alfamind. So tunggu apa lagi ???

Dengan adanya program Alfamind ibu-ibu, mom-preneur atau temen-temen yang masih kuliah kemudian tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan bisa mulai merintis bisnis dari program yang ditawarkan Alfamart ini. Apalagi zaman sekarang semua sudah punya Smartphone masing-masing. Jadi cocok banget dimanfaatkan untuk hal yang lebih berfaedah biar gak mubadzir ngabisin kuota internet cuman untuk chatting dan upload di sosmed aja.

Gambar : Mas Nana W

Selanjutnya, untuk penjelasan mengenai bagaimana kriteria serta prosedur pengajuan personal maupun UMKM untuk bisa menjadi supplier di Alfamind dijelaskan secara terperinci oleh Bu Vina sebagai Manager MD Alfamart. Semua dijelaskan secara detail mulai dari kriteria produk yang seperti apa yang cocok, bagaimana menjadi supplier, bagaimana prosedur untuk mengajukan produk yang akan dijual dan yang terakhir adalah mengenai bussiness review.

Produk UMKM yang bisa masuk Alfamart ternyata tidak hanya camilan, ternyata barang-barang kerajinan tangan / handycraft pun bisa masuk pasar Alfamart. Produk yang sesuai akan masuk di toko yang telah disesuaikan dengan lokasinya. Ada juga untuk produk makanan yang khusus seperti kue basah dan nasi bungkus di toko pelabuhan Banyuwangi, yang saat ini juga masih terus mencari supplier. 

Penjelasan materi Tips Produk UMKM sukses masuk retail modern oleh Bu Vina 
(Manager Departemen Merchandising  Alfamart)
Gambar : Mas Nana W

Recycle Craft Mayar Shopping


Naaah, ada salah satu sesi yang menjadi favorit aku atau mungkin bagi semua ibuk-ibuk dan temen-temen peserta perempuan kali ya, yakni praktek pelatihan handycraft bersama Mbak Dewi Uji owner dari “Mayar shopping”. Meskipun memasuki siang hari tapi jadi makin seru dan bersemangat karena kita diajarin praktek langsung lengkap dengan bahan-bahan yang dibawakan secara khusus oleh Mbak Dewi. Selanjutnya kita mengikuti arahan dan panduan dari Mbak Dewi yang begitu telaten mengajari kita untuk merakit bahan-bahan daur ulang menjadi barang unik yang bernilai ekonomis. Kebetulan kemarin kita diajarin praktek bikin frame berbahan dasar dari kardus dan daun bambu kering.


Mbak Dewi sedang mengenalkan produk crafting Mayar Shopping
Gambar : Mas Nana W

Antusiasme para perempuan saat melakukan praktek crafting 
Gambar : Mas Nana W

Jadi, “Mayar Shopping” adalah nama bisnis usaha handycraft Mbak Dewi yang dirintis bersama suaminya yang menjual produk kerajinan berupa undangan dan souvenir pernikahan custom yang berbahan dasar dari bahan-bahan daur ulang, sepeti dedaunan kering, ranting, kertas koran serta bunga-bunga yang dikeringkan. Waah, benar-benar pasangan kreatif nan inspiratif ya guys !


Keseruan ku saat mempraktekan membuat frame dari daun bambu kering dan kardus :D
Gambar : Dok. Pribadi
Seru banget kegiatan merakit bahan-bahan daur ulang untuk dijadikan sebuah frame yang lucu danmenngemaskan ala ala vintage. Setelah selesai, ternyata Mbak Dewi memberikan kami salah satu produk bisnisnya yang siap pakai untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Asyiik banget kan ! Terimakasih ya Mbak Dewi ! Keliatan banget kan kalau dibandingin mana yang amateuran mana yang udah jago wkwk :D

Tips Sukses Melakukan Promo Soft Selling


Dan untuk materi penutup tidak kalah penting dan menarik juga loh. Ada sesi sharing materi mengenai Tips Sukses Melakukan Promo Soft Selling yang menjadi salah satu strategi ampuh di social media dan blog dari Mbak Prita HW. Beliau merupakan Founder dari The Jannah Institute sekaligus Founder Blogger Jember Sueger. Zaman now segala sesuatunya serba digital sehingga masyarakatnya dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman. Terutama di aspek bisnis, sangat diperlukan yang namanya strategi marketting, tidak hanya sekedar ilmu promosi biasa tapi lebih ke arah bagaimana caranya agar konsumen tertarik untuk membeli produk tapi dengan cara mempengaruhi secara perlahan. Salah satu strategi ampuh adalah dengan melakukan Soft Selling.


Promosi Soft Selling memiliki artian sebagai promosi yang sifatnya secara halus dengan membuat customer merasa tidak sedang dijuali, dimana promosinya lebih mengedepankan membangun ikatan emosi terlebih dahulu. Bisa melalui Blog dan juga Media Sosial (Facebook, IG, dan Twitter).

Selain itu, Prita HW juga menunjukkan tips membuat caption yang menarik dan berbobot di sosial media khususnya IG. Karena dihubungkan dengan fenomena generasi millenial yang identik dengan anak muda kekinian yang seringkali berlomba-lomba update informasi dan upload foto-foto disertai dengan caption semenarik mungkin. Tak hanya teori saja tapi Prita memberikan contohnya dengan memberikan intruksi kepada para peserta untuk mengambil foto suasana pada saat sesi sharing kemudian diupload di akun sosial media IG masing-masing disertai dengan caption semenarik mungkin. Di akhir sesi acara Prita menjanjikan akan mengumumkan tiga peserta terpilih dengan kategori caption terbaik yang nantinya masing-masing mendapat hadiah.
 
Waah, seru kan? Modal bikin caption bisa dapet hadiah. Dan ternyata walaupun hanya membuat caption ternyata ada ilmunya juga lho !


Mbak Prita HW saat sharing Tips Soft Selling
Gambar : Mas Nana W

Tak terasa sudah berada di penghujung sesi acara sharing, padahal rasanya baru saja duduk dan menyimak sebentar. Acara pun ditutup dengan makan siang bersama dengan menu spesial khas Faradisa Cafe n Resto. Alhamdulillah sangat puas dengan acara Pelatihan dan sharing kali ini karena pulang-pulang perut kenyang plus bawa banyak bingkisan sembako dari Alfamart ditambah dapet produk gratisan juga dari Mbak Dewi "Mayar Shopping".

Terimakasih banyak Alfamart, Mayar Shopping dan juga The Jannah Institut !
Semoga next bisa gabung lagi..


Peserta yang berhasil terpilih sebagai pemenang kuis dengan caption terbaik
Gambar : Mas Nana W

Peserta terpilih caption terbaik menerima hadiah bingkisan dari Alfamart
Gambar : Mas Nana W

Foto bersama dengan seluruh peserta Pelatihan Pemberdayaan Perempuan bersama Alfamart dan TJI
Gambar : Mas Nana W








Related Articles

4 comments:

  1. good job Nira :) Sempet ya moto yg lagi bikin frame, niceee. Pulang2 kenyang dan bawa banyak bingkisan, noted, hahaha

    BalasHapus
  2. Harus banyak belajar dari nira nih nulisnya, full ketulis semua detail acara ๐Ÿ’ช๐Ÿ˜

    BalasHapus
  3. apiiik. baca ini jd ngerasa aerunyabpas itu.. eh kok dpt foto dari mas nana.. dpt dr mana? #berguru..

    BalasHapus
  4. Wkwk itu yang foto pas buat frame, gimana caranya? Selfie tah dek?

    BalasHapus